Sabtu, 13 April 2013

Oke teman! Kali  ini aku akan nge-post tentang kota tercintaku,  tepatnya kota kelahiranku! Pastinya!
Waktunya nih, memperlihatkan keberagaman kesenian serta yang pasti wisatanya dari kota kelahiranku ini. Yap! Kota Ponorogo atau yang disebut juga BUMI REYOG. Sebelumnya kita perlu tau nih dari mana sih Asal usul nama PONOROGO itu? Yang belum tau yuk yuk merapat ke blogku , dan yang sudah tau yaa ini buat review aja deh biar gak lupa. Kita mulai ya, aku dapat informasi tentang  asal usul nama Ponorogo itu memang dari berbagai sumber yang berbeda, mulai dari buku, internet serta dari ayahku dan saudara-saudaraku yang sudah tau.. Salah satunya nih dari buku yang lebih dipercaya serta spesifik.
Disebutkan dalam buku yang aku baca bahwa mencari data yang sahih ihwal tentang asal usul nama Ponorogo ini memang rumit. Namun, dibuku ini perlu disampaikan beberapan analisa dari berbagai sumber yang diperkirakan ada kaitan atau kemiripannya dengan sebutan nama PONOROGO yang kita kenal sekarang. Dalam buku yang aku baca ada dua asal usul nama PONOROGO yaitu :
1. Berdasarkan Cerita rakyat / Legenda
        Mengutip buku Babad Ponorogo karya Poerwowidjojo (1997) diceritakan, bahwa asal usul nama Ponorogo bermula dari kesepakatan dalam  musyawarah antara Raden Bathoro Katong, Kyai Mirah, Seloadji, dan Joyodipopada hari Jum’at saat bulan purnama, bertepat di lapang dekat sebuah gumuk (wilayah Katongan sekarang). Di dalam musyawarah tersebut kemudian disepakati bahwa kota yang akan didirikan nanti dinamakan Pramana Raga, yang akhirnya lama kelamaan berubah menjadi Ponorogo.  PONOROGO kemungkinan berasal dari kata PONO yang berarti pintar, mumpuni, mengerti  benar dan ROGO yang berarti jasmani atau sekujur badan. Dengan perpaduan dua kata itu, akhirnya menjadi PONOROGO.
2. Tinjauan Etimologi
a)     Pramana Raga menjadi Panaraga
Sebutan Pramana Raga terdiri dari dua kata :  Pramana yang berarti daya kekuatan, rahasia hidup, permono, wadi dan Raga yang berarti  badan,jasmani.
Dri penjelasan tersebut, dapat ditafsirkan bahwa di balik badan, wdak manusia tersimpan suatu rahasia hidup (wadi) berupa olah batin yang mantap dan mapan berkaian dengan pengendalian sifat sifat amarah, aluwamah, shufiah dan muthmainah.

b)    Ngepenakake raga menjadi Panaraga
Manusia yang memiliki kemampuan olah batin yang mantap dan mapan akan dapat menempatkan diri dimana pun dan kapan pun berada.Sementara itu, masih ada pendapat lain yang tampaknya lebih mendasar pada pendekatan logika sejarah di mana memberikasn tafsiran Ponorogo dikaitkan dengan istilah Panrag Skar menjadi Panaraga yang terdapat di prasasti Watukura tahun 902 M yang bermakna Persembahan Bunga.
Akhirnya apapun tafsirannya tentang Ponorogo dalam wujud seperti yang kita lihat sekarang ini adalah tetap Ponorogo sebagai kota REOG yang menjadi kebanggan masyarakat Ponorogo.
Ya itulah teman asal usul nama Ponorogo menurut sumber buku yang aku baca.  Aku lahir di kota ini tahun 1999 dan sekarang sudah tahun 2013 berarti sudah 14 tahun aku tinggal di BUMI REYOG ini dan sepantasnya juga aku harus tau asal usul nama kotaku sendiri. Inilah salah satu wujud kecintaan kita pada kebudayaan Negara kita sendiri. Jadi teman terus lestarikan kebudayaan Indonesia ya! Dan kapan kapan aku akan post lagi deh tentang wisata-wisata di Ponorogo. Go traveling! Daa…
(sumber : dikutip dari berbagai sumber)

1 komentar: